Pesona Indahnya Pantai Pulau Matakus, Maluku Tengara Barat

Pantai Matakus, Pulau Matakus. foto : @nuronaby

Tidak jauh dari pusat kota Saumlaki, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) tepatnya kearah mata angin sebelah barat, ada pulau yang memiliki pesona indah dengan pasir putihnya, Pantai Pulau Matakus mereka menyebutnya. Pulau yang dihuni tidak lebih dari 300 jiwa dan merupakan daerah administratif Pemerintahan Desa Matakus, Kecamatan Tanimbar Selatan Kab. Maluku Tenggara Barat, sering dikunjungi untuk mencari ketenangan dipulau ini. Mata pencaharian penduduk pulau ini keseluruhan nelayan dan petani, tidak heran mereka menjadi penyuplai ikan ke wilayah pasar Saumlaki, MTB.

Pantai Matakus, Pulau Matakus. foto : @nuronaby
Pantai Matakus, Pulau Matakus. foto : @nuronaby

Ketika tiba didermaga, suguhan hamparan pasir putih memanjakan setiap pengunjung yang akan datang dipulau Matakus. Serta rindangnya pepohonan yang akan memberikan kesejukan bagi siapa saja yang berteduh dibawahnya, dengan fasilitas tempat duduk atau berbaring sambil menikmati indahnya pantai Matakus. Disekitarnya berderet rapi rumah pemukiman penduduk asli Matakus, yang sudah tertata sedemikian rupa.

Untuk pulau Matakus anda haris mencari tumpangan perahu nelayan atau jasa penyewaan boat, tidak membuang waktu yang lama dari pelabuhan Saumlaki ini, kisaran 30 menit sudah bisa sampai di Matakus. Untuk fasilitas penginapan hanya ada diwilayah Saumlaki, dengan banyak pilihan.

Pantai Matakus, Pulau Matakus. foto : @nuronaby
Pantai Matakus, Pulau Matakus. foto : @nuronaby

Untuk yang dari luar pulau Maluku Tenggara Barat, bisa diakses melaui jalur laut tujuan Pelabuhan Saumlaki, Maluku Tenggara Barat ataupun melalui jalur udara tujuan Bandar Udara Mathilda Batlayeri, Maluku Tenggara Barat.

Jika berkunjung ke Matakus, jangan lupa memborong produk lokalnya, seperti kain tanimbar, ikannya, dan lain-lain.

*untuk bantuan informasi silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan